telusuri

Translate

Monday 18 July 2016

MAKALAH FISIKA LISTRIK DINAMIS STATIS GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

MAKALAH FISIKIA



Disusun oleh
CINDY LIANI
DELLA NURDAYANA
INDAH
REFA LISTIYA
USMANUDIN
VINA WAHYUNI

SMA NEGERI 1 CILEDUG
Jln. Siliwangi no 151 jatiseeng kidul Kec. Ciledug Kab. Cirebon




BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG
Makalah ini kami buat untuk memenuhi tugas kami kepada guru mata pelajaran  fisika tentang elektromagnetik dan listrik dinamis.
Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sudah tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan sehari hari. Kita dapat menjumpai semua kegiatan manusia dengan alat bantu listrik, dari memasak dengan mejikom, lampu rumahan, handphone, kendaraan motor dan mobil.

RUMUSAN MASALAH
Suhu ruangan kelas yang membuat kami gerah dan kepanasan, serta ruangan yang sering kali kehilangan lampu (kontak) membuat kami berinisiatif untuk membuat kipas angin portable dengan bantuan listrik dalam batrai dan lamupu belajar dengan dengan bantuan listrik. Sehingga kipas angin ini dapat dibawa kemana mana dan dapat di isi ulang atau di charger dan ruang kelas tidak terlalu gelap

TUJUAN
  • Tujuan dari pembuatan kipas angin mini dan lampu belajar dalam pembelajaran fisika  yaitu dengan alat peraga kipas angin mini dan lampu belajar ini mampu membuktikan  mengenai konsep dan proses perubahan energi listrik menjadi energi gerak pada aplikasi kipas angin dan energi cahaya pada aplikasi lamu belajar
  • Agar siswa dapat mengetahui rangkaian sederhana dari kipas angin mini dan lampu belajar
  • Siswa dapat mempelajari cara merangkai kipas angin mini portable dan lampu belajar
  • Siswa dapat mengetahui manfaat yang terdapat dalam listrik dinamis
  • Siswa dapat memahami materi kelistrikan pada pelajaran fisika




BAB II
PEMBAHASAN

⦁    KIPAS ANGIN MINI PORTABLE

DASAR TEORI
Suatu benda jika kita bagi menjadi bagian terkecil tanpa meninggalkan sifat aslinnya, kita akan mendapatkan partikel yang disebut molekul, kemudian jika molekul ini kita bagi lagi, maka kita mendapatkan apa yang disebut dengan atom. Semua atom terdiri dari inti yang dikelilingi partikel-partikel yang sangat tipis, yang disebut dengan electron electron yang mengelilingi inti pada orbit yang berbeda. Inti sendiri terdiri dari proton dan neutron dalam jumlah yang sama (kecuali atom hydrogen yang kekurangan jumlah neutron).
Proton dan electron mempunyai suatu hal yang sama yaitu muatan listrik(electrical charge). Muatan listrik pada proton diberi muatan positif (+) sedangkan listrik pada electron diberi tanda negative (-), sedangkan neutron sendiri tidak bermuatan (netral). Dikarenakan jumlah muatan listrik positif pada proton pada suatu atom adalah sama dengan jumlah muatan listrik negative pada electron, maka atom akan bermuatan netral.
Alat yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak pada umumnya menggunakan motor listrik. Pada motor listrik, arus listrik mengaril melalui kumparan, untuk menimbulkan medan magnet, sehingga as motor berputar.putaran as motor inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakan kipas angin, bor listrik, belender, mobil – mobilan, dan alat lain.

ALAT DAN BAHAN

BAHAN
  • Dinamo / motor
  • 2 buah saklar on-of-on
  • batrai LI-ION
  • USB male dan female
  • Wadah kaset DVD/CD
  • Kabel 0.5 mm
  • Charger hp duduk (dekstok)
 


kelanjutannya bisa anda download di link bawah, karena menurut saya lebih efesien daripada anda harus copy paste lagi. dan juga materi lebih lengkap berdasarkan pengalaman pribadi. dan lagi, bisa anda edit  agar sesuai dengan apa yang anda inginkan..

klik link berikut 
http://adf.ly/1cNuo3 (format .docx)
http://adf.ly/1cNuvv (format .Pdf)

hasil dari makalah ini sudah kami serahkan kepada guru mapel kami dan disimpan di LAB IPA SMAN 1 CILEDUG

No comments:

Post a Comment

terima kasih

Popular Posts